Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Trik Periksa dan Merawat Battery Health iPhone dan Android

waktu baca 4 menit
Trik Periksa dan Merawat Battery Health iPhone dan Android

Trik Periksa dan Merawat Battery Health iPhone, ragam sulawesitoday – Salah satunya elemen yang paling penting dari handphone adalah battery. Mempertahankan kesehatan battery dibutuhkan supaya handphone masih tetap dapat bekerja yang baik.

Battery health ialah periode waktu penggunaan battery saat sebelum diisi daya. Tentu saja, battery yang telah lama dipakai punyai dampak tertentu pada piranti.

Tetapi, untuk menghindar pengurangan kesehatan battery yang terlalu berlebih, battery masih tetap dapat dirawat dengan bagus. Walau pada akhirannya kesehatan battery tetap turun, minimal merawat battery akan perlambat pengurangan kesehatan battery itu terjadi.

Untuk menjaga kesehatan battery di handphone, baca langkah check dan merawat battery health untuk iPhone dan Android berikut!

Trik Periksa dan Merawat Battery Health iPhone

Karena battery ialah kunci supaya sebuah handphone bisa bekerja secara baik, kesehatannya ialah hal yang perlu kamu berikan perhatian extra. Apakah sudah kamu memeriksa kesehatan batterymu?

Trik Periksa dan Merawat Battery Health iPhone

Untuk iPhone 6 dan versus lebih baru, iOS 11.3 dan versus lebih baru menambah feature baru untuk tampilkan kesehatan battery dan memberitahu jika battery harus ditukar. Feature ini bisa diketemukan di Penataan > Battery > Kesehatan Battery.

Pada penampilan Kesehatan Battery atau Battery Health, pemakai akan menyaksikan kemampuan optimal pengecasan handphone dengan angka 1 – 100 %. Jika kemampuannya ada di bawah 80 %, karena itu battery iPhone itu telah termasuk kedaluwarsa dan perlu ditukar supaya perform handphone masih tetap optimal.

Bila kemampuan battery optimal ada di angka 80 %, karena itu battery masih termasuk “sehat” dan belum memengaruhi perform.

Trik Periksa dan Merawat Battery Health iPhone

Panduan Merawat Battery Health iPhone

Charge cuma sampai 80-90%, janganlah sampai full. Mulai charge kembali saat battery minimum 20%.

Jauhi isi daya battery sepanjang malam.

Matikan wifi/bluetooth saat tidak digunakan. Hal itu bisa mengirit pemakaian battery, jadi kurangi life cycle dari battery.

Tidak boleh kerap tutup program. iPhone punyai smart algorithm yang atur power latar belakang app yang terbuka, hingga membuka-tutup program akan menghancurkan mekanismenya. Perlu power lebih saat buka program baru dibanding kembali lagi ke program yang telah dibuka di latar belakang.

Turunkan brightness dan pakai dark model. Dark model dapat mengirit daya sampai 30-63%. (Ini berlaku untuk handphones dengan monitor OLED).

Terlepas case iPhone saat isi daya.

Pakai aksesori sah Apple atau aksesori dengan cap sertifikasi MFi seperti Anker, Ugreen, Baseus.

Jauhi wireless pengisi daya

Tidak disarankan memakai fast pengisian karena mengakibatkan panas berlebihan. Lebih bagus pakai pengisi daya bawaan iPhone yang 5 watt.

Jauhi lakukan pengisi daya di mobil atau powerbank.

Langkah Check dan Merawat Battery Health iPhone

Langkah Check Battery Health Android

Berlainan dengan iPhone, handphone Android tidak mempunyai menu pengujian status battery bawaan. Pemakai sebenarnya dapat menyaksikan keadaan battery dengan memencet tombol “#*#4636#*#*” di menu dialer handphone dan pilih menu “Battery Information”. Namun, tidak seluruhnya handphone Android mempunyai menu itu.

Sebagai alternative, pemakai dapat memasangkan beragam program gratis yang menyebar di Google Play Toko untuk lakukan pengujian battery, satu diantaranya ialah AkiBattery yang dapat didownload di Play Toko. Keadaan battery sendiri dapat disaksikan di tab “Health” pada program itu.

Tetapi, info itu tidak bisa dijumpai di saat pemakai memasangkan AkiBattery untuk pertamanya kali. Masalahnya program itu memerlukan sekian hari untuk mengkalibrasi perform battery dan memprediksi kemampuan optimal pengecasan handphone itu, apa performanya masih bagus atau mungkin tidak. Battery handphone Android umumnya dipandang kedaluwarsa jika kemampuan pengecasan maksimumnya ada di bawah prosentase 80%.

Trik Periksa dan Merawat Battery Health iPhone

Panduan Merawat Battery Android

Jauhi pengisian daya sampai 100 %. Stop charging battery saat telah berisi 80 % untuk jaga keadaannya supaya masih tetap sempurna.

Jauhi charging battery sepanjang malam.

Jangan dibiarkan battery kosong keseluruhan sampai membuat handphone mati.

Tidak boleh lakukan pengecasan pada tempat panas. Jauhi juga pemakaian handphone pada tempat dengan temperatur yang ekstrim, baik itu panas atau dingin.

Tidak boleh memakai handphone atau mainkan games saat pengisian berjalan.

Pakai pengisi daya dan kabel original yang kwalitasnya sudah terjaga.

Aktifkan feature penghemat battery supaya handphone tidak sering diisi energinya.

Aktifkan Airplane Model bila dirasakan tidak ada kegiatan penting. Supaya bisa tersambung dengan akses internet di model ini, dapat menggunakan jaringan WiFi yang ada.

Perbaiki mekanisme operasi piranti. Umumnya, penyempurnaan akan tingkatkan perform handphone keseluruhannya, tidak kecuali battery.

Pakai penampilan serba gelap (dark model) dan redupkan tingkat kecemerlangan (brightness) monitor untuk mengirit battery.

Matikan feature GPS dan lokasi di handphone jika tidak dibutuhkan.

Itulah, langkah check dan merawat battery health untuk iPhone dan android. Mudah-mudahan dengan info di atas, kamu bisa mempertahankan kesehatan battery handphone-mu secara baik.

Selain artikel Trik Periksa dan Merawat Battery Health iPhone, baca juga: Berikut Cara Cek Battery Health Ponsel untuk Kamu Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published.