Tercatat Ribuan Balita di Kota Palu Idap ISPA

waktu baca 2 menit
Tercatat Ribuan Balita di Kota Palu Idap ISPA

Balita Kota Palu idap ISPA, berita sulawesi tengah – Tercatat pada periode Januari-Agustus 2022, sebanyak 1000 anak di Kota Palu, Sulawesi Tengah, idap ISPA atau Infeksi Saluran Pernafasan Atas.

“Seluruhnya sudah mendapatkan layanan kesehatan melalui Puskesmas,” ungkap Kepala Bidang Pencegahan, Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan, Dinkes Kota Palu, dr Rochmat JM di Kota Palu, Rabu 10 Agustus 2022.

Ia menerangkan jumlah 1.000 itu berdasar keseluruhan Balita yang berada di Kota Palu capai 1.400 jiwa, sesuai prediksi 10 % dari jumlahnya warga yaitu 372.113 ribu jiwa.

Walau termasuk tinggi, Dinkes Palu menyebutkan hal demikian ialah perolehan yang perlu mendapatkan apresiasi, karena penemuan kasus yang banyak akan membuat cara penangkalan makin masif dilaksanakan.

Baca Juga: Aturan Baru Keluar, Ini Tarif Baru Ojek Online

Seterusnya, hasil pelayanan kesehatan itu, kata dr. Rochmat, dominan balita alami ISPA Non Pneumonia atau batuk yang tidak memperlihatkan tanda-tanda kenaikan frekuensi napas, dan tidak memperlihatkan tarikan dinding dada sisi bawah ke sisi dalam.

Selain berita Balita Kota Palu idap ISPA, baca juga: Korban Banjir Torue Mulai Terkena ISPA dan Penyakit Kulit

“Dan ISPA yang telah berlarut sampai jadi Pneumonia atau infeksi kronis yang serang aliran pernafasan sisi bawah masih jarang kita dapatkan masalahnya pada Balita, karena pencegahan yang kami kerjakan sejauh ini telah ke arah jangan sempat ada Pneumonia,” terangnya.

Dia menjelaskan, selama ini unsur yang paling dominan mengakibatkan Balita alami ISPA ialah lingkungan yang tidak ramah pada anak. Pihaknya menyebutkan, salah satunya ialah kegiatan pertambangan, kebakaran pada tempat pembuangan akhir (TPA) sampai tingginya jumlah konsumsi rokok.

“Lebih dari itu kurang kesadaran dalam mengaplikasikan pola hidup yang sehat, karena umumnya ada orangtua sekalian gendong anak sekalian merokok,” katanya.

Maka dari itu, Rochmat menghimbau supaya warga lebih memerhatikan pola hidup yang sehat, sebagai penangkalan awal dari beragam penyakit. (**)

Selain berita Balita Kota Palu idap ISPA, baca juga: Dinkes Parigi Moutong: Posyandu Dekatkan Promotif Preventif kepada Masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published.