Bali Diguncang Gempa 5,8 Magnitudo, Ini Penjelasan BMKG

waktu baca 2 menit
Ilustrasi Bali Diguncang Gempa 5,8 Magnitudo, Ini Penjelasan BMKG

Berita nasional, sulawesitoday – Wilayah Provinsi Bali Diguncang Gempa berkekuatan 5,8 Magnitodu pada Senin, 22 Agustus 2022 pukul 15.36 WIB atau 15.36 WITA.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tektonik ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5.8.

Plt. Direktur Pusat Gempa dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan, Bali Diguncang Gempa berpusat pada koordinat 9,36° LS; 115,56° BT, atau tepatnya berada di laut pada jarak 47 km selatan Nusapenida, Klungkung, Bali, pada kedalaman 134 km.

Daryono, dengan memperhitungkan letak episentrum dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi adalah tipe intermediate akibat aktivitas subduksi lempeng. , Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, dengan skala intensitas IV MMI (jika siang hari dirasakan banyak orang di dalam rumah).

BACA JUGA: Gempa di Teluk Tomini Hari Ini Tidak Berpotensi Tsunami

Selain itu, gempa di Bali hari ini juga dirasakan oleh warga wilayah Buleleng, Karangasem, Gianyar, Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima dengan skala intensitas III MMI (getaran terasa nyata di Getaran terasa seolah-olah lewat truck) “Hasil pemodelan menunjukkan gempa ini tidak berpotensi tsunami,” ujarnya.

Oleh karena itu, masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan tidak terombang-ambing oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Masyarakat juga diminta untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan stabilitas bangunan sebelum pulang ke rumah Anda,” kata Daryono.

Untuk mengetahui informasi gempa yang akurat, pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui saluran komunikasi resmi yang terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (https://www.bmkg.go .id) atau inatews.bmkg.go.id), saluran telegram (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui aplikasi seluler (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published.