Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Bakamla Bongkar Jaringan Penyelundupan Senjata Api di Ambon

waktu baca 2 menit
Bakamla sukses bongkar penyelendupuan senjata api di Perairan Teluk Dalam, Ambon, 23 Maret kemarin.

Berita kriminal, sulawesitoday.com – Bakamla sukses bongkar penyelendupan senjata api di Perairan Teluk Dalam, Ambon. Tindakan itu mereka kerjakan pada 23 Maret kemarin.

Info itu dikatakan langsung Kepala Bakamla Laksamana Madya Bakamla Aan Kurnia, di Jakarta, Jumat 1 April 2022.

Kesuksesan Bakamla gagalkan penyelinapan senjata api itu dilaksanakan lewat Operasi Gada Nusantara VIII Tahun 2022 bersama dengan dengan Bareskrim Polri. Aan menyebutkan, KN Ular Laut 405 yang pertama kalinya merasakan KM Mabiru-12 beraktivitas meresahkan.

“Kami dapatkan di saat KN Ular Laut 405 sedang melakukan operasi, kami menyaksikan ada kapal ikan yang diduga,” ungkapkan Aan.

Betul saja, sesudah Team VBSS Bakamla turun dan mengecek KM Mabiru-12, mereka mendapati sebuah tas berisi senjata api.

“Kami mendapati pistol rakitan dengan 2 butir peluru,” papar Aan.

Selain berita Bakamla Bongkar Jaringan Penyelundupan Senjata Api di Ambon, baca juga: Kasus Korupsi Bakamla, KPK Selamatkan Uang Negara Rp100 Miliar

Penemuan itu langsung ditangkap dan dipelajari oleh Bakamla. Hasilnya, ia mengatakan jika ada keterikatan penyelinapan senjata api itu dengan penemuan yang mereka bisa di Manado beberapa waktu kemarin.

Aan mengatakan jika, di Manado faksinya gagalkan penyelinapan senjata api bikinan Austin, Texas. Senjata tidak dipasarkan dan tidak tersebar di Indonesia. Akan tetapi, beberapa penyelinap usaha memasukkan senjata itu lewat lajur gelap.

“Harus dipahami, ini sebagai peningkatan hasil dari pengecekan yang sudah dilakukan oleh Bakamla lebih kurang dua sampai 3 bulan lalu,” jelas ia.

Sayang, Aan tidak dapat ungkap penemuan itu lebih detil. Terhitung masalah pola dan arah penyelinapan senjata api di daerah Sulawesi dan Ambon itu.

“Ini masih kami pelajari . Maka, karena senjata api benar-benar peka, benar-benar rawan, kami berhati-hati khusus untuk tangani ini. Kan umumnya kami cuman (tangkap) kapal ikan, penyelinapan narkoba, dan sebagainya,” jelas ia.

Khusus penyelinapan senjata api, Bakamla jarang mendapati. Karena itu, Aan pastikan terus akan mempelajari penemuan itu. (**)

Selain berita Bakamla Bongkar Jaringan Penyelundupan Senjata Api di Ambon, baca juga: Ini Penjelasan Polda Sulteng soal Kasus Penembakan Oknum Polisi di Luwuk

 

tags: contoh kasus penyelundupan senjata di indonesia,contoh penyelundupan senjata,penyelundupan senjata di papua,akibat penyelundupan senjata bagi integrasi nasional,perdagangan senjata ilegal di indonesia,cara mengatasi penyelundupan senjata,contoh kasus kegiatan penyelundupan senjata dan bahan peledak,penyebab penyelundupan senjata

Leave a Reply

Your email address will not be published.