Bagnaia Pantang Ulang Kesalahan Rossi di MotoGP Valencia 2006

waktu baca 3 menit
Bagnaia Pantang Ulang Kesalahan Rossi di MotoGP Valencia 2006 Foto/Istimewa

Pantang ulang kesalahan Rossi, berita olahraga, sulawesitoday sports – Fransesco Bagnaia pantang ulangi kesalahan sang idola Valentino Rossi di MotoGP Valencia tahun 2006, saat berhadapan dengan Nicky Hayden.

Setelah menjuarai GP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu 23 Oktober 2022 lalu, hanya nasib buruk yang menghalangi pebalap Lenovo Ducati itu menjuarai Kejuaraan Dunia MotoGP 2022.

baca juga: Badan Pangan Nasional Sebut Stok Bahan Pangan Mulai Menipis

25 poin lagi di Sepang membuat Bagnaia unggul 23 poin dari Juara Dunia Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) menjelang balapan terakhir di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol pada 6 November.

Dalam situasi saat ini, untuk menjadi Juara Dunia MotoGP, pembalap Italia asal Torino ini hanya perlu finis minimal di urutan 14 di GP Valencia, terlepas dari hasil yang diraih Quartararo nantinya.

Namun demikian, publik masih mengingat kejadian idola, sahabat, dan mentor Bagnaia, Valentino Rossi, saat gagal meraih gelar juara dunia MotoGP kelimanya di tahun 2006, juga diputuskan di GP Valencia.

“Saya tidak ingin melihat atau mengingat balapan ini,” kata Bagnaia, dikutip dari as.com, ketika ditanya tentang kemungkinan mengambil risiko seperti tujuh kali juara kelas utama (500cc 2001, MotoGP: 2002-2005, 2008, 2009.

Pada 29 Oktober 2009, Rossi membela tim pabrikan tim Camel Yamaha, start dari pole position GP Valencia. Saingan terdekatnya dalam perebutan gelar, Nicky Hayden (Repsol Honda), juga start dari posisi keempat di grid. Menjelang balapan terakhir MotoGP 2006, Rossi mengumpulkan delapan poin di depan Hayden.

Rossi unggul delapan poin hanya membutuhkan setidaknya tempat kedua untuk menang, terlepas dari hasil lawannya dari Kentucky, AS. Di sisi lain, jika ingin menang, Hayden harus menang dan Rossi harus finis P3 atau lebih buruk.

Skenario kedua sepertinya tidak mungkin mengingat performa Rossi di atas Yamaha YZR-M1 saat itu. Namun akhirnya hal tak terduga terjadi.

Pada lap pertama, Rossi tercecer hingga ke P7. The Doctor bertahan di posisi itu hingga mengalami kejadian paling mengejutkan dalam sejarah MotoGP, crash sendirian di lap lima, bangkit dan melanjutkan balapan, Rossi hanya finis di P13.

Di sisi lain, Hayden secara tak terduga mampu finis P3 di belakang duo Ducati Troy Bayliss dan Loris Capirossi dan tepat di depan rekan setimnya Dani Pedrosa.

Tambahan 16 poin dari tiga Rossi membuat Hayden memimpin lima poin di klasemen akhir dan menjadi Juara Dunia MotoGP 2006, satu-satunya dalam karirnya sampai ia meninggal dalam kecelakaan bersepeda pada 22 Mei 2017.

Balapan kelas MotoGP tampaknya mudah dibayangkan, termasuk pertanyaan tentang peluang Bagnaia di GP Valencia. Namun, dia jelas tidak ingin mendengar cerita aib Rossi pada Ricardo Tormo 16 tahun lalu.

Baca: Fabio Quartararo Jalani Operasi Jari Usai MotoGP Valencia

“Saya baik-baik saja saat ini. Di Sepang, awal yang baik banyak membantu saya untuk menang. Ketika Jorge Martin (Prima Pramac Racing) jatuh saat memimpin balapan, saya mengambil kesempatan itu. Tapi ini belum berakhir,” kata Francesco Bagnaia.

“Ketika saya melihat Quartararo di tempat ketiga, saya berkata pada diri sendiri bahwa saya akan terus mengejar dan saya harus melakukannya yang terbaik yang bisa saya lakukan untuk mempertahankannya, bukan untuk mendekat.

“Enea Bastianini (Gresini Racing) memiliki kecepatan yang baik dan bermasalah. Akhirnya kami bisa menang. Yah, saya tidak tahu bagaimana hari-hari itu sampai kami tiba di Valencia. Saya akan mencoba untuk tetap tenang di rumah dan sedikit bersantai.” (*/Ikh)

Selain baca Pantang ulang kesalahan Rossi, baca juga: Lin Jarvis Ungkap Dua Kelemahan Yamaha di MotoGP 2022

Author Profile

Fikri
Fikri merupakan lulusan sarjana yang sedang menetap di Kota Poso. Selama beberapa tahun terakhir, ia mengeksplor jenjang karirnya dan ahli sebagai penulis di bidang olahraga sepakbola. Expert menulis ulasan pertandingan, prediksi pertandingan, prediksi skor hingga ulasan statistik pertandingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *