Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Babinsa Koramil Parigi Gandeng Warga Tanam Mangrove

waktu baca 2 menit
Babinsa Koramil Parigi Gandeng Warga Tanam Mangrove

Berita Parigi Moutong, sulawesitoday – Babinsa Koramil 08 Parigi Kodim 1306 Kota Palu Sertu Kamaruddin, gandeng warga dan instansi Kepolisian Polres Parigi Moutonng tanam pohon mangrove bertempat di Pantai Tutu Ruga Desa Olaya Kecamatan Parigi, Kabupaten Parigi Moutong, Rabu 17 Agustus 2022.

Pada kegiatan ini Babinsa Koramil 08 Kodim gandeng warga tanam mangrove, secara simbolis dilakukan oleh Kepala Desa Olaya Bapak Idham, AK dan dihadiri oleh tamu undangan lainnya.

Ditemui di tempat lain, Plh Danramil Peltu I Nyoman Arnaya mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya mendukung program penghijauan pantai pemerintah untuk mencegah abrasi pantai.

“Untuk menghentikan air laut pada pasang untuk mengurangi abrasi di masa depan di wilayah pesisir pantai,” katanya.

Selain itu, Plh Danramil mengatakan, hutan mangrove tidak hanya sebagai penahan dan pencegah abrasi, tetapi juga benteng keamanan terhadap ancaman gelombang pasang (tsunami) dan pendukung kehidupan laut.

“Jangan remehkan mangrove di pantai. Keberadaan hutan mangrove memiliki sejuta manfaat bagi kita dan lingkungan sekitar kita,” ucapnya.

Sementara itu, Babinsa Sertu Kamaruddin mengatakan bahwa dari Koramil 1306-08 Parigi kami akan terus berusaha melanjutkan kegiatan ini dengan mencari tempat lain yang akan ditanami mangrove jika memungkinkan.

Saat ini juga terdapat 500 tanaman mangrove yang ditanam di Pantai Desa Olaya bekerjasama dengan elemen masyarakat dan seluruh elemen daerah.

Baca: Ikrar Setia NKRI Eks Napiter di HUT RI ke-77 Polda Sulteng

“Dalam kegiatan ini kami juga mengajak anak-anak sekolah dan masyarakat sekaligus memberikan edukasi agar mereka dapat menumbuhkan kesadaran untuk menjaga alam dan lingkungan khususnya di pesisir pantai, karena itu adalah tugas kita bersama,” tutup Sertu Kamaruddin.

Penanaman pohon bakau memiliki manfaat yang luar biasa, dapat melindungi pantai dari abrasi dan melestarikan iklim karena dapat meningkatkan oksigen bagi generasi mendatang untuk bertahan hidup.

Hadir di kegiatan tersebut yakni Aiptu Putu Arsanu, KBO Pol Airud Parigi, Aiptu Irwan, Kanit Binmas Polsek Parigi, Bripka Samsul, Bhabinkamtibmas, Serda Muliadi, Babinsa 1306-08/Parigi, Pratu Denis, R, Babinsa 1306-08/Parigi, Irdiansyah, Ketua Saka Kalpataru , Rizal, PLKB Kec. Parigi, Zulfian, ketua PKK Desa Olaya, Aurel, Sekretaris PKK Desa Olaya, Zainal, Ketua Panitia Pelaksana kegiatan, Kadus 4 dan Ketua RT 8 dan Warga 50 orang. (*/Ikh)

Baca: 2.518 Napi di Sulawesi Tengah Terima Remisi Saat HUT RI ke-77

Leave a Reply

Your email address will not be published.