Aset Dijaminkan Pemerintah Rp1.106 Triliun

waktu baca 2 menit

Aset Dijaminkan Pemerintah, berita ekonomi sulawesitoday Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat, Barang Milik Negara (BMN) atau aset yang diatur sendiri oleh Pemerintah menembus angka senilai Rp6.659 triliun per tahun 2021. Nilai itu sama dengan 58,06 persen dari keseluruhan aset yang terdaftar dalam neraca.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu, Rionald Silaban menjelaskan, pengendalian BMN ikut ambil peranan ekonomi karena jadi jaminan atau underlying asset pada penerbitan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Kemudian Sampai di kwartal III-2022, keseluruhan aset yang dijaminkan Pemerintah senilai Rp1.106 triliun.

“Nilai BMN yang telah dipakai sebagai underlying asset SBSN sampai kwartal III-2022 sejumlah Rp1.106 triliun. Dengan SBSN itu, kita bisa penuhi beberapa keperluan pendanaan dari APBN dalam memberikan dukungan peraturan pajak,” jelas Rionald pada acara Anugerah Reksa Bandha di Kemenkeu, Jakarta Pusat, Rabu 23 November 2022.

Dalam ketentuannya kata Rionald, Pemerintah harus beli kembali aset SBSN yang dijadikan jaminan di saat jatuh termin. Dengan demikian tidak ada celah hukum yang memungkinkannya berpindahnya BMN ke investor SBSN atau pihak lainnya.

Selain BMN, lelang ikut juga berperan dalam ekonomi nasional. Bukan hanya memikul peranan sebagai fasilitas pemindah tanganan BMN dan sumber akseptasi Negara, tapi sebagai jalan keluar untuk rekondisi keuangan Negara lewat rampasan dan pemasaran barang sitaan.

Rionald menyebutkan, dalam 5 tahun akhir hasil kinerja lelang benar-benar membesarkan hati. Datanya memperlihatkan aktualisasi dasar lelang capai Rp101 Triliun dan Peneriamaan Negara Bukan Pajak (PNBP) lelang senilai Rp2,24 Triliun.

“Tentu saja, semuanya ini tidak terlepas dari kontribusi stake holder dalam memberikan dukungan optimasi perolehan kinerja lelang,” sebut Rionald. (WS)

Selain Berita Aset Dijaminkan Pemerintah Rp1.106 Triliun, baca juga:BBM Campur Sawit 40 Persen, Lagi Uji Coba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *