Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Arab Saudi Sebut Biaya Haji Turun 30 Persen, Indonesia Malah Naik

waktu baca 2 menit
Arab Saudi sebut biaya haji turun, (Foto: omer f arslan/unsplash)

Arab Saudi sebut biaya haji turun, berita sulawesitoday – Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi umumkan biaya paket haji pada 2023 tambah murah dari tahun sebelumnya.

Perwakilan Kementerian Haji dan Umrah untuk Layanan Haji dan Umrah, Amr bin Surut Al Maddah, menjelaskan paket haji tahun ini 30% lebih murah dibanding tahun 2022.

Tetapi, dia tidak menerangkan lebih detil apa paket haji itu berlaku untuk semuanya jamaah, baik internasional atau lokal.

Berdasar laporan Gulf News pada 15 Januari 2023, Al Maddah cuma menjelaskan kategori domestik dipisah berdasar perusahaan penyuplai layanan. Karenanya, program ini akan ditetapkan sama sesuai tipe layanan yang ada di kamp.

Awal minggu lalu, Kementerian Haji dan Umrah Saudi mengatakan jamaah domestik mempunyai opsi untuk bayar paket haji dalam tiga kali angsuran.

Awalnya, Saudi mengharuskan jamaah domestik untuk bayar penuh dari muka untuk yang ambil paket ini.

Untuk pesan slots, calon jamaah wajib melakukan pembayaran senilai 20% dari keseluruhan biaya dalam kurun waktu 72 jam semenjak registrasi.

Selain berita Arab Saudi sebut biaya haji turun, simak juga: Kemenag Parigi: Seleksi Petugas Haji Masuki Tahap Ujian Tertulis

Cicilan kedua sejumlah 40% yang perlu dibayarkan pada 7 Juli kedepan, dan 40 % bekasnya harus dibayarkan pada 10 Oktober.

Konsul Jenderal Republik Indonesia di Jeddah Eko Hartono menjelaskan Saudi memang turunkan harga paket haji untuk jamaah lokal.

“Jadi untuk jamaah lokal turun dari 5.666 riyal (sekitar Rp22 juta) jadi 3.900 riyal (sekitar Rp15 juta) paket paling murah, atau turun 30%,” kata Eko.

Dalam pada itu, berdasar laporan, paket haji untuk jamaah internasional disebutkan turun. Tetapi, masalah pengurangan harga paket masih jadi ulasan Saudi dan pemerintahan negara lain.

Biaya beribadah haji jadi perhatian usai Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyarankan biaya haji yang ditanggung ke jamaah naik jadi Rp69 juta.

Menurutnya, cara itu dibutuhkan untuk jaga kelangsungan dana nilai manfaat di masa datang.

Dalam pada itu, pada 2022, biaya haji yang ditanggung ke jamaah cuma sekitaran Rp39 juta.

Saran pemerintahan ini menuai kritikan dari beragam pihak dimulai dari DPR sampai ormas Islam. Beberapa memandang jumlah itu memberatkan warga. (rhmn)

Selain berita Arab Saudi sebut biaya haji turun, simak juga: Biaya Haji 2023 Membengkak Rp69 Juta, Ini Penjelasan Kemenag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *