Aplikasi SIMDA_NG Parimo untuk Transparansi Manajemen Keuangan

waktu baca 2 menit
Foto: Sekda Parimo workshop aplikasi SIMDA_NG. Aplikasi SIMDA_NG Parimo untuk Transparansi Manajemen Keuangan.

Berita parigi moutong, sulawesitoday – Workshop aplikasi SIMDA_NG Parimo, Sulteng, resmi dibuka. Tujuan kegiatan membuka pemahaman keutamaan pengelolaan manajemen keuangan berbasis aktual dan transparansi.

“Saya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Manajemen berbasis aktual adalah ciri dari praktik manajemen keuangan modern. Itu dapat memberikan informasi lebih transparan terkait pembiayaan,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Parimo, Zulfinasran, saat pembukaan Workshop Teknik Aplikasi SIMDA_NG (Next Generation), di Auditorium Kantor Bupati Parimo, Selasa 11 Januari 2022.

Ia melanjutkan, Pemda dituntut melaksanakan pemerintahan secara lebih baik dengan menyajikan strategis penataan pengelolaan keuangan.

Baca juga: Pemda Parimo Fasilitasi Pengurusan Hak Paten Produk Inovasi

Dalam pemakaian anggaran kata dia, harus dilakukan secara transparan, akuntabel, sehat, efisien, efektif dan auditabel. Dan ditunjang fungsi pengawasan secara baik.

“Kegiatan diprakarsai Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD) Parimo itu sifatnya penting. Pemahaman tentang pengelolaan aplikasi SIMDA_NG dapat diraih,” tuturnya.

Baca juga: 31 Desember, Batas Waktu Pengukuhan Jabatan Fungsional

Ia mengatakan, terdapat strategi mesti dilaksanakan guna mencapai pengelolaan keuangan daerah secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel. Yaitu dengan perencanaan dan pengendalian atas penyelenggaraan pemerintahan.

Perencanaan kata dia, sangat penting. Pasalnya, itu adalah bagian dari sistem manajemen keuangan daerah. Akuntabilitas keuangan daerah dapat diwujudkan melalui penyesuaian target kerja.

Baca juga: Poso Luncurkan Program Unggulan Kesehatan Gratis

“Saya harap dengan perencanaan baik, dapat memperbaiki semua lini. Mulai dari sisi penganggaran, pelaksanaan, hingga pertanggungjawaban,” tegasnya.

Ia menghimbau agar selalu update, karena peraturan sangat cepat berubah. Kadang belum sempat terimplementasi, sudah terbit aturan baru.

Baca juga: Website DPMPTSP Parimo Resmi Diluncurkan

Melalui aplikasi SIMDA_NG Parimo itu, dapat memahami proses Pengelolaan APBD yang terintegrasi sesuai dengan Peraturan dan Perundang undangan berlaku.

“Saya juga mengingatkan, Aplikasi SIMDA_NG ini hanyalah sebagai alat bantu. Terpenting adalah kedisiplinan penerapan dari pengguna aplikasi. Sehingga dapat lebih cepat dan efisien dari segi waktu, tenaga dan biaya dalam pembuatan laporan keuangan,” tutupnya. (**/Diskominfo Parig Moutong)

Baca juga: Stunting adalah Penyakit, Ini Faktanya

Leave a Reply

Your email address will not be published.