Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Ilmuwan Temukan Aplikasi Perpesanan Komunikasi Bawah Air

waktu baca 2 menit
Ilmuwan Temukan Aplikasi Perpesanan Komunikasi Bawah Air

Aplikasi perpesanan komunikasi bawah air, sains sulawesitoday – Para ilmuwan sudah temukan aplikasi perpesanan baru yang menawarkan lompatan besar dalam komunikasi bawah air antara manusia sejak munculnya sinyal tangan.

Sebuah aplikasi bernama AquaApp dikembangkan oleh para ilmuwan di University of Washington, Amerika Serikat (AS).

Dapat digunakan pada miliaran smartphone dan jam tangan pintar melalui perangkat lunak berbasis akustik.

Hal ini memungkinkan perenang snorkel dan penyelam untuk memilih dari 240 pesan prasetel untuk mengkomunikasikan informasi mulai dari tingkat oksigen hingga kedekatan spesies.

Kosa kata setara dengan jumlah isyarat tangan yang digunakan penyelam profesional. AquaApp menghilangkan kebutuhan untuk mempelajari sinyal-sinyal ini untuk jutaan penyelam scuba dan perenang snorkel, sambil sediakan cara bagi para profesional untuk berkomunikasi jarak jauh dan dalam kondisi visibilitas yang buruk.

Selain berita aplikasi perpesanan komunikasi bawah air, baca juga: Cara Membuat Tanda Tangan Digital Mudah Gak Pake Lama

“Smartphone andalkan sinyal radio seperti Wi-Fi dan Bluetooth untuk komunikasi nirkabel. Ini tidak menyebar dengan baik di bawah air, tetapi bunyi bip ya. Dengan AquaApp, kami telah mendemonstrasikannya di bawah air pesan gunakan speaker dan mikrofon tersedia secara luas di smartphone dan jam tangan pintar,” kata universitas tersebut. oleh mahasiswa pascasarjana Washington dan penulis utama studi Tuochao Chen.

Aplikasi bekerja dengan cara kirim dan terima frekuensi akustik dari satu perangkat ke perangkat lainnya dan mampu beroperasi pada jarak hingga 100 meter. Usai unduh aplikasi, pengguna hanya perlu pastikan mereka punyai smartphone dengan kemampuan tahan air memadai atau menggunakan casing tahan air.

“AquaApp hadirkan komunikasi bawah air kepada masyarakat luas. Ini berpotensi mengubah status quo dengan cara mendemokratisasi teknologi bawah air dan mempermudah mengunduh perangkat lunak ke ponsel cerdas Anda,” kata pimpinan profesor dan penulis Shyam Gollakota.

Studi yang merinci AquaApp dipresentasikan pada konferensi Sigcomm 2022 di Amsterdam pada 25 Agustus. (rf)

Selain berita aplikasi perpesanan komunikasi bawah air, baca juga: Diskominfo Parigi Moutong Hadiri Rapat Koordinasi KIPS se Sulteng di Touna

Rekomendasi

0
Makanan Kuda Nil Apa Saja?
0
Lima Perbedaan Iguana dan Bunglon

Leave a Reply

Your email address will not be published.