Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Apa yang Terjadi pada Tubuh jika Duduk Terlalu Lama?

waktu baca 3 menit
Apa yang Terjadi pada Tubuh jika Duduk Terlalu Lama, (Foto: unsplash)

Apa yang terjadi pada tubuh jika duduk terlalu lama, sains sulawesitoday – Bekerja dari pagi sampai sore di muka monitor pc atau memakai kendaraan dalam jarak jauh memaksakan kita untuk duduk dalam kurun waktu yang lama.

Saat kita duduk, tubuh gunakan lebih sedikit energi, dibanding saat kita berdiri atau bergerak.

Diambil dari Mayo Clinic, periset sudah menganalisa 13 study mengenai waktu duduk dan tingkat kegiatan.

Mereka mendapati jika orang yang duduk lebih dari 8 jam satu hari tanpa kegiatan fisik mempunyai resiko kematian yang sama dengan yang disebabkan karena kegemukan dan merokok.

Tetapi, analitis data pada lebih dari 1 juta orang ini mengatakan jika kegiatan fisik yang cukup, yaitu sekitaran 60 sampai 75 menit, bisa melawan dampak buruk dari terlalu lama duduk.

Apa yang terjadi pada tubuh jika terlalu lama duduk?

Dikutip dari Healthline, berikut dampak yang terjadi pada tubuh jika kita duduk terlalu lama.

  1. Kaki dan pantat melemah

Dengan duduk selama seharian, kita tidak tergantung pada otot tubuh sisi bawah yang kuat untuk meredam bevan tubuh kita.

Ini mengakibatkan atrofi otot, yaitu keadaan menurunnya otot. Tanpa otot kaki dan pantat yang kuat untuk memantapkan tubuh, kita jadi lebih beresiko alami cidera.

  1. Berat tubuh naik

Bergerak membuat otot melepas molekul seperti lipoprotein lipase, yang menolong mengolah lemak dan gula yang kita konsumsi.

Adapun jika kita habiskan mayoritas waktu dengan duduk, pelepasan molekul-molekul ini akan menyusut dan mengakibatkan sisi pantat semakin besar atau melebar.

Selain itu, orang yang duduk terlalu lama beresiko semakin besar terserang sindrom metabolik, bahkan juga untuk orang yang olahraga.

  1. Keadaan pinggul dan punggung lebih buruk

Seperti otot kaki dan pantat, pinggul, dan punggung jugs terserang imbas dari duduk yang terlalu lama.

Duduk mengakibatkan fleksor pinggul kita memendek, dan status duduk dapat mencederai punggung, khususnya jika kita mempunyai bentuk tubuh yang jelek atau mungkin tidak memakai bangku ergonomis.

Selain itu, bentuk tubuh yang jelek saat duduk bisa mengakibatkan kompresi pada cakram di tulang belakang hingga bisa mengakibatkan degradasi awal, yang mengakibatkan ngilu akut.

  1. Resiko penyakit jantung bertambah

Duduk terlalu lama bisa beresiko untuk jantung dan mempunyai potensi mengakibatkan penyakit kardiovaskular. Beberapa pakar menjelaskan, orang yang semakin banyak duduk mempunyai resiko 147 % semakin tinggi alami penyakit serangan jantung atau stroke.

  1. Varises

Duduk dalam kurun waktu lama bisa mengakibatkan darah menggenang di kaki. Ini bisa mengakibatkan varises.

Walau biasanya tidak berbahaya untuk kesehatan, pembuluh darah yang lebam dan kelihatan ini bisa saja tidak nikmat dilihat.

Dalam kasus yang jarang-jarang terjadi, varises bisa mengakibatkan keadaan yang lebih serius, seperti pembekuan darah.

  1. Pundak dan leher kaku

Seperti kaki, pantat, dan punggung bawah, pundak dan leher kita akan menanggung derita jika kita duduk terlalu lama. Apa lagi, status membungkuk saat duduk bisa membuat pundak dan leher berasa kaku. (rahma)

Selain apa yang terjadi pada tubuh jika duduk terlalu lama, simak juga: Berapa Lama Buaya Bisa Bertahan Dalam Air?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *