Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Antusias Kontestasi Pilkades di Parigi Moutong Cukup Tinggi

waktu baca 3 menit
Antusias Kontestasi Pilkades di Parigi Moutong Cukup Tinggi

Berita parigi moutong, sulawesitoday – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) mencatat antusias pendaftar Pilkades di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, cukup tinggi.

“Kami mencatat setidaknya ada pendaftar lebih dari lima orang di beberapa desa,” ungkap Kepala Bidang Pemerintahan Desa, DPMPD Parigi Moutong, Agus Salim, beberapa waktu lalu.

Ia menyebut, jika pendaftar lebih dari lima orang maka ada ujian tambahan, sesuai dengan peraturan bupati.

Ujian tambahan itu kata dia, nantinya akan diserahkan ke Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) tingkat Kabupaten.

“Ujiannya berupa tes tertulis dan wawancara,” tuturnya.

Pilkades serentak 97 desa di Parigi Moutong, akan dikerjakan pada 27 Juni 2022.

menjelaskan, sekarang ini tingkatan ke arah Pilkades sudah diawali dengan registrasi calon kades.

“Sampai sekarang ini, Pilkades itu telah masuk tingkatan registrasi calon kades, diawali dari tanggal 8-19 Mei 2022,” ucapnya.

Petahana mencalonkan diri katanya, belum dipersyaratkan untuk membikin Laporan Laporan Info Penyelenggaraan Pemerintah desa (LKPPD) atau Penyelenggaraan Pemerintah desa (LPPD).

Tapi, sesudah mereka (Calon) dipilih kembali sesuai perundang-undangan yang berjalan, LPPD dan LKPPD wajib buat disampaikan dan diberikan ke Bupati.

Selain berita Antusias Pendaftar Pilkades di Parigi Moutong Cukup Tinggi, baca juga: https://sulawesitoday.com/dinkes-posyandu-dekatkan-promotif-preventif-kepada-masyarakat/

Menurut dia, LPPD dan LKPPD sebagai kewajiban kades untuk meyampaikan ke Pemerintahan Wilayah dalam masalah ini Bupati, yang dilakukan tindakan oleh Tubuh Pembicaraan desa (BPD) di tempat.

“Jadi itu sebagai kewajiban Kepala desa yang dilakukan tindakan oleh BPD, hingga BPD dapat membuat laporan performa,” terangnya.

Memperhitungkan sangkaan penggunaan ijazah palsu yang umumnya tersingkap sesudah calon telah memegang sebagai kades, faksinya akan memerintah P2KD di desa supaya sampaikan ke beberapa calon wajib buat melegalisir ijazah semua tingkatan, dimulai dari ijazah SD, SMP, SMA, dan ijazah perguruan tinggi bila ada.

“Itu sebagai bukti mereka betul-betul pernah belajar dalam sekolah itu,” katanya.

Sesudah tingkatan registrasi imbuhnya, akan lanjut ke tingkatan selanjutnya, yaitu penentuan beberapa calon kades.

Selama ini kata Agus Salim tidak ada masalah atau persoalan yang berarti yang terjadi pada proses ke arah pilkades. Namun, mereka menanyakan masalah tehnis.

“Alhamdulillah, menurut pengamatan saya sampai ini hari tidak ada persoalan yang berarti. Mereka cuma menanyakan banyak hal yang karakternya tehnis, dan kami semuanya sudah tujukan melalui group whatsapp,” tutupnya. (**)

Selain berita Antusias Pendaftar Pilkades di Parigi Moutong Cukup Tinggi, baca juga: Calon Pelatih Sepakbola Berprestasi di Parigi Moutong akan Lanjut Sekolah Licensi C

 

tags: pemilihan kepala desa serentak,logo pemilihan kepala desa,berita pemilihan kepala desa,berita pilkades,logo pilkades serentak,kapan pemilihan kepala desa 2022,pemilihan kepala desa serentak,logo pemilihan kepala desa,berita pemilihan kepala desa,berita pilkades,logo pilkades serentak,kapan pemilihan kepala desa 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published.