Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Angka Harapan Lama Sekolah Kota Palu Meningkat 16,28 Poin

waktu baca 4 menit
Angka Harapan Lama Sekolah Kota Palu Meningkat 16,28 Poin

Berita sulawesi tengah, sulawesitoday – Tercatat angka harapan lama sekolah di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, meningkat 16,28 poin di 2021.

“Angkanya semakin baik dibandingkan tahun 2020 dengan 16,23 poin,” ungkap Wakil Wali Kota Palu, Reny A Lamadjido di Palu, Selasa 17 Mei 2022.

Ia mengatakan, pada momen Hari pendidikan nasional (Hardiknas) poin IPM Kota Palu terus menunjukkan progres baik tahun 2022.

Hal ini menjadi prestasi bagi seluruh insan pendidik dan tenaga kependidikan di Kota Palu.

Selain itu, Pemerintah Kota Palu juga menyebut Indeks Pembangunan Nasional (IPM) Kota Palu lebih tinggi dari IPM nasional 72,29 poin. Meningkat 81,7 poin tahun 2021.

“Kenaikan IPM tidak lepas dari usaha keras tenaga pengajar dan elemen kependidikan di wilayah ini,” ucapnya.

Menurut dia, perolehan ini masih masuk ke kelompok tinggi, walau tahun 2020 IPM di ibukota Sulawesi Tengah ini ada di angka 81,47 point.

Dia menyampaikan, dalam tingkatkan IPM tidak lepas dari bidang pendidikan, karena dunia pendidikan sebagai salah satunya parameter dalam tentukan angka presentasi.

“Kontributor komposit pendidikan disaksikan dari rerata lama sekolah di wilayah ini bertambah dari 11,61 tahun pada 2020 jadi 11,72 tahun di 2021,” katanya.

Sebagai mana arah pembangunan Kota Palu, pendidikan menjadi satu diantara bidang jadi fokus utama dengan beragam skema evaluasi pengembangan.

Atau mengarah pada sistem evaluasi telah diputuskan Kemendikbudristek, satu diantaranya merealisasikan program merdeka belajar.

Dia memandang, kualitas pengajaran bagus akan hasilkan IPM bagus juga. Sebab, bidang pendidikan ialah fondasi dalam membuat Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas.

Dalam mempersiapkan SDM berkualitas, Pemerintah Kota Palu mengikutkan pengokohan pengajaran agama.

Peraturan itu sudah diterapkan dengan menambahkan jam pelajaran agama di hari tertentu kesemua tingkatan pengajaran sebagai wewenang pemerintahan tingkat kabupaten/kota.

“Pemerintahan harus mencerdaskan kehidupan bangsa, satu diantaranya pendidikan iman dan taqwa, sekalian lewat sistem ini membuat watak peserta didik agar nantinya mereka tumbuh dewasa mempunyai sikap yang bagus,” tuturnya.

Selain berita Angka Harapan Lama Sekolah Kota Palu Meningkat 16,28 Poin, baca juga: Disdikbud Parigi Moutong: Jangan Paksa Siswa Divaksin Covid19

Angka Harapan Lama Sekolah Kota Palu Meningkat 16,28 Poin

Apa Itu Indeks Pembangunan Manusia?

IPM menerangkan bagaimana warga bisa terhubung hasil pembangunan dalam mendapat penghasilan, kesehatan, pengajaran, dan lain-lain.

IPM dikenalkan United Nations Development Programme (UNDP) di tahun 1990 dan dipublikasi secara periodik dalam laporan tahunan Human Development Report (HDR).

IPM dibuat tiga dimensi dasar:

Usia panjang dan hidup sehat

Pengetahuan

Standard hidup pantas

Apa Saja Faedah IPM?

IPM sebagai tanda penting untuk menghitung kesuksesan dalam usaha membuat kualitas hidup manusia (warga/warga).

IPM bisa tentukan rangking atau tingkat pembangunan satu daerah/negara.

Untuk Indonesia, IPM sebagai data vital karena selainnya sebagai ukuran performa Pemerintahan, IPM dipakai sebagai salah satunya alokator penetapan Dana Peruntukan Umum (DAU).

Kenapa Metodologi IPM Diganti?

Argumen yang jadi dasar peralihan metodologi perhitungan IPM.

PERTAMA

Beberapa tanda tidak pas untuk dipakai dalam perhitungan IPM. Angka terbuka huruf tidak berkaitan dalam menghitung pengajaran secara utuh karena tidak bisa memvisualisasikan kualitas pengajaran. Disamping itu, karena angka terbuka huruf di mayoritas wilayah telah tinggi, hingga tidak bisa membandingkan tingkat pengajaran antardaerah secara baik.

PDB per kapita tidak bisa memvisualisasikan penghasilan warga di suatu daerah.

KEDUA, pemakaian rumus rerata aritmatik dalam perhitungan IPM memvisualisasikan jika perolehan yang rendah pada sebuah dimensi bisa tertutupi oleh perolehan tinggi dari dimensi lain.

Apa Saja yang Berbeda?

Tanda

Angka Terbuka Huruf pada sistem lama ditukar dengan Angka Keinginan Lama Sekolah.

Produk Lokal Bruto (PDB) per kapita ditukar dengan Produk Nasional Bruto (PNB) per kapita.

Sistem Perhitungan

Sistem agregasi diganti dari rerata aritmatik jadi rerata geometrik.

Apa Keunggulan IPM Sistem Baru?

Memakai tanda yang lebih pas dan bisa membandingkan secara baik (diskriminatif).

Dengan masukkan rerata lama sekolah dan angka keinginan lama sekolah, bisa didapat deskripsi yang lebih berkaitan dalam pengajaran dan peralihan yang terjadi.

PNB gantikan PDB karena lebih memvisualisasikan penghasilan warga di suatu daerah.

Dengan memakai rerata geometrik dalam membuat IPM bisa disimpulkan jika perolehan satu dimensi tidak bisa tertutupi oleh perolehan di dimensi lain. Maknanya, untuk merealisasikan pembangunan manusia yang bagus, ke-3 dimensi harus mendapat perhatian yang serupa besar karena sama keutamaan. (**/rf)

Selain berita Angka Harapan Lama Sekolah Kota Palu Meningkat 16,28 Poin, baca juga: Bupati Parigi Moutong Lantik 44 Kepsek dan Tiga Pengawas Sekolah

 

tags: ipm adalah,hdi adalah,human development index adalah,indikator indeks pembangunan manusia,negara dengan indeks pembangunan manusia sangat tinggi ditunjukkan kolom,pengertian indeks pembangunan manusia,cara menghitung ipm,indikator hdi,makalah indeks pembangunan manusia,ipm adalah indikator untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun,mengapa indeks pembangunan manusia perlu diukur,rumus ipm,ipm nasional,contoh indeks pembangunan manusia,buku indeks pembangunan manusia,buku tentang indeks pembangunan manusia,ipm adalah,hdi adalah,human development index adalah,indikator indeks pembangunan manusia,negara dengan indeks pembangunan manusia sangat tinggi ditunjukkan kolom,pengertian indeks pembangunan manusia,cara menghitung ipm,indikator hdi,makalah indeks pembangunan manusia,ipm adalah indikator untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun,mengapa indeks pembangunan manusia perlu diukur,rumus ipm,ipm nasional,contoh indeks pembangunan manusia,buku indeks pembangunan manusia,buku tentang indeks pembangunan manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.