Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Andrea Dovizioso Resmi Pensiun Usai GP San Marino

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Andrea Dovizioso (Foto Istimewa)

Berita Olahraga, sulawesitoday sports – Andrea Dovizioso pembalap MotoGP Italia telah mengumumkan bakal resmi pensiun dari ajang balap motor paling bergengsi setelah balapan di Sirkuit San Marino pada 4 September 2022.

Andrea Dovizioso kembali ke MotoGP tahun lalu di mana ia berkompetisi di GP San Marino untuk menggantikan Franco Morbidelli di Petronas SRT, yang berubah menjadi RNF Racing tahun ini.

Keputusan tersebut diambil Dovi menyusul kontraknya dengan tim pabrikan Ducati pada akhir musim 2020. Ia sempat sempat mengambil peran sebagai test rider sebelum menerima tawaran Yamaha untuk bergabung dengan RNF.

Dan menjelang balapan pembuka paruh kedua musim, GP Inggris di Silverstone akhir pekan ini, Yamaha telah mengumumkan bahwa Andrea Dovizioso akan resmi pensiun setelah balapan kandangnya di Misano.

Baca: Fabio Quartararo Jadikan Penalty Motivasi Menang

Posisinya untuk sisa enam balapan RNF tahun ini akan digantikan oleh pebalap penguji Yamaha Cal Crutchlow. Di Yamaha ia menggantikan Morbidelli yang cedera di GP Styria dan Austria tahun lalu dan menggantikan Maverick Vinales di GP Inggris dan Aragon.

Yamaha telah mengkonfirmasi bahwa istirahat Dovizioso berjalan dengan baik selama liburan musim panas. Pengemudi memberikan “perubahan besar” sebagai alasan kesulitannya di atas motor.

“Pada tahun 2012 pengalaman dengan pabrik Iwata di MotoGP sangat positif bagi saya dan sejak itu saya selalu berpikir bahwa cepat atau lambat saya ingin memiliki kesepakatan resmi dengan Yamaha,” kata Dovizioso, yang membalap untuk Tech3 Yamaha pada 2012 dan meraih enam podium.

“Kesempatan ini muncul dengan sendirinya pada tahun 2021, sebenarnya cukup berani. Saya memutuskan untuk mencobanya karena saya benar-benar percaya pada proyek ini dan kemungkinan melakukannya dengan benar.

Baca Juga: Usai Kena Kasus Doping, Andrea Iannone Kembali Jajal MotoGP?

“Sayangnya, MotoGP telah berubah dalam beberapa tahun terakhir. Situasinya sangat berbeda sejak saat itu: Saya tidak pernah merasa nyaman dengan motornya dan belum mampu menyadari potensinya meskipun ada bantuan yang berharga dan terus-menerus dari tim dan seluruh Yamaha.

“Hasilnya negatif, tapi di luar itu saya masih menganggapnya sebagai pengalaman hidup yang sangat penting. Ketika ada begitu banyak kesulitan, Anda harus dapat menangani situasi dan emosi Anda dengan baik.

“Kami tidak mencapai tujuan yang diinginkan, tetapi konsultasi dengan teknisi Yamaha dan tim saya selalu positif dan konstruktif, baik untuk mereka maupun untuk saya. Hubungan tetap setia dan terlibat secara profesional bahkan di saat-saat paling kritis.

“Untuk semua ini dan dukungan mereka, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Yamaha, tim saya, WithU dan sponsor lainnya yang terlibat dalam proyek ini. Itu tidak bekerja seperti yang diharapkan, tetapi patut dicoba. Perjalanan saya akan berakhir di Misano, tetapi hubungan dengan semua orang yang terlibat akan bertahan selamanya.” (*/Ikh)

Baca: Basarnas Palu: Satu Alat Berat Bantu Pencarian Korban Banjir Torue

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.