Alex Marquez Dijatuhi Long Lap Penalty

waktu baca 2 menit
Alex Marquez Dijatuhi Long Lap Penalty Foto/Istimewa

Dijatuhi long lap penalty, berita olahraga, sulawesitoday sports – Alex Marquez pembalap LCR Honda menelan pil pahit di MotoGP Australia, alih-alih dapat poin dia malah menuai long lap penalty.

Penampilan pembalap Spanyol itu awalnya tampak menjanjikan di Phillip Island, Minggu 16 Oktober 2022. Mulai dari grid kesebelas, ia berhasil masuk 10 besar kompetisi.
Marquez juga mengganggu lawan di depannya. Namun, bencana datang di ronde kesembilan karena dia terlalu dekat dengan Luca Marini.

Saat pembalap VR46 Racing itu menginjak rem, Marquez kaget. Untuk menghindari memukul Marini, dia pindah ke kanan.

BACA JUGA: Ini Panduan Perjalanan Piala Dunia 2022 Harus Kamu Ketahui

Sial baginya karena pembalap Ducati, Jack Miller, ada di trek. Tabrakan tak terhindarkan, sehingga kedua rider jatuh.

Miller tampak kesakitan dan Marquez berjalan mendekat untuk memeriksa kondisi juara penonton tuan rumah. Insiden ini segera diselidiki oleh Stewards.

Pihak komisaris menganggapnya terlalu agresif untuk memicu kecelakaan dan memutuskan untuk menjatuhkan hukuman untuk putaran yang panjang.

“Pada 16 Oktober 2022, pukul 14:13 saat MotoGP Australia tepatnya di tikungan 4, Anda terlihat sangat agresif dan menyebabkan kecelakaan yang melibatkan pengendara #43”, begitu bunyi polanya dijelaskan dalam surat dari FIM MotoGP Stewards Panel.

“Itu bertentangan dengan instruksi yang diberikan kepada peserta dan tim MotoGP, mengganggu sesi dan tergolong tidak bertanggung jawab saat berkendara yang membahayakan kompetitor lain. Ini melanggar pasal 1.21.2 dari Peraturan Kejuaraan Dunia Grand Prix FIM.

“Untuk alasan di atas, Panel Stewards FIM MotoGP telah memberlakukan hukuman putaran panjang yang berlaku untuk balapan MotoGP di Malaysia. (sesuai dengan pasal 3.2.1 dan 3.3.2.3)”

Baca: KPU Parigi Moutong Verifikasi Faktual Delapan Parpol Calon Peserta Pemilu

Mereka memberi waktu 30 menit jika Marquez atau timnya keberatan dan ingin mengajukan banding. Namun, sepertinya kesempatan itu tidak akan dimanfaatkan.

Adik Marc Marquez mengakui kesalahannya dengan gestur yang ditunjukkan kepada Jack Miller. Ia mengunjungi seorang pebalap yang baru saja lulus dari bengkel Ducati. Keduanya mengobrol meski tak ada senyum di wajah pilot berjuluk Jack Ass itu.

Wajar jika Miller kesal saat berjuang meraih podium bersama kampung halamannya. Meski akhirnya tersingkir dari lima besar dan harus start lagi di ronde kesembilan. (*/Ikh)

Selain baca Dijatuhi long lap penalty, baca juga: Meski Kuasai Klasemen MotoGP, Bagnaia Terlihat Kecewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *