Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Aksi Bakar Al-Quran di Swedia: Sangat Tidak Sopan

waktu baca 2 menit
Aksi bakar Al-Quran di Swedia, (Foto: Sindo)

Aksi bakar Al-Quran di Swedia, berita sulawesitoday – Perdana Menteri Swedia (PM) Ulf Kristersson kecam aksi pembakaran Al Quran di Stockholm yang sudah dilakukan oleh politisi Swedia Rasmus Paludan di Stockholm, Sabtu 21 Januari 2023.

“Kebebasan berekspresif ialah sisi fundamental dari demokrasi. Tetapi apa yang legal, belum pasti tepat. Membakar buku yang suci untuk beberapa orang ialah tindakan yang paling tidak sopan,” kata Ulf Kristersson, dikutip dari AFP, Senin 23 Januari 2023.

Dia mengutarakan simpatinya untuk seluruh muslim yang tersinggung dengan yang terjadi di Stockholm hari itu.

Politikus sayap kanan Rasmus Paludan membakar salinan kitab suci umat Islam di muka kedutaan Turki di ibu-kota Swedia. Aksi itu tingkatkan kemelut di antara Swedia dengan Turki saat negara Nordik masih mengulas penawaran keanggotaan NATO.

Buntut dari kejadian itu, Ankara selanjutnya menggagalkan lawatan Menteri Pertahanan Swedia dan panggil Duta Besar Stockholm. Mereka geram karena Paludan dibolehkan oleh polisi Swedia untuk lakukan protes.

Demo Paludan makin menghancurkan jalinan saat Stockholm coba memberikan keyakinan Turki sebagai anggota NATO, untuk menyepakati Swedia dan Finlandia tergabung dengan koalisi militer.

Penawaran Swedia berhenti di tengah-tengah tuntutan Ankara supaya Stockholm memberikan aktivis Kurdi dan menahan demo yang serang kepimpinan Turki.

Negara muslim beramai-ramai mengatakan geram dengan aksi pembakaran Al-Quran itu. Maroko misalkan, mereka akui bingung dengan pihak berkuasa yang sudah memperbolehkan aksi itu dihelat di depan aparatur Swedia.

Indonesia, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Dewan Kerja sama Teluk dan Organisasi Kerja sama Islam juga mengutuk kejadian itu.

Indonesia menyebutkan aksi pembakaran Al-Quran itu sebagai tindakan penistaan pada kitab suci dan sudah mencederai dan mencemari toleran umat beragama.

“Kebebasan berekspresif harus dilaksanakan secara bertanggungjawab,” katanya.

Beberapa puluh demonstran bergabung di muka konsulat Swedia di Istanbul, tempat mereka membakar bendera Swedia dan minta Turki memutus hubungan diplomatik dengan Stockholm, Sabtu 21 Januari 2023.

Seorang aktivis Swedia-Denmark Paludan yang sudah dijatuhi hukuman karena penghinaan rasis, menghasut kekacauan di Swedia tahun kemarin saat ia lakukan tour keliling negara dan membakar salinan Al-Quran di muka umum. (rhmn)

Selain berita aksi bakar Al-Quran di Swedia, baca juga: Gempar Temuan Harta Karun 2 Miliar Ton Emas, Dimana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *