Berikut Agenda Acara Hari Ikan Nasional kesembilan di Parigi Moutong

waktu baca 2 menit
Berikut Agenda Acara Hari Ikan Nasional kesembilan di Parigi Moutong

Agenda Acara Hari Ikan Nasional Parigi Moutong, berita parigi moutong – Hari Ikan Nasional (Harkannas) yang kesembilan tahun 2022 di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Propinsi Sulawesi tengah (Sulteng), beberapa hari kembali akan selekasnya diawali.

“Aktivitas Harkannas yang baru pertama kalinya dikerjakan di Propinsi Sulawesi tengah ini mengangkat topik Ikan Sehatkan dan Mencerdaskan Angkatan Unggul,” ungkap Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, M Nasir, lewat pesan whatsapp, Kamis 17 November 2022.

Berikut Agenda Acara Hari Ikan Nasional Parigi Moutong, yang dikerjakan pada 19-21 November 2022: baca juga: Empat Peran Orang Tua Cegah Perundungan Anak

19 November

Pembukaan pameran favorit daerah produk kelautan dan perikanan.

20 November

Lomba masak menu serba ikan yang dituruti 34 propinsi se-Indonesia, lomba melukis dengan topik ikan dituruti pelajar PAUD, TK dan SD untuk kelas 1 dan 2 sekitar 500 orang dan kegiatan lokakarya pangan nasional.

21 November

Acara pucuk aktivitas seremoni yakni, panen udang, parade perahu nelayan, penanaman mangrove sejauh garis pantai Teluk Tomini 472 km yang menyebar di 88 titik lokasi untuk raih rekor MURI.

Selain berita Agenda Acara Hari Ikan Nasional Parigi Moutong, baca juga: Sulteng dan Kalimantan Timur Jalin Misi Dagang Pertanian

Harkanas momen kebangunan perikanan wilayah

Awalnya, Pemda Parigi Moutong, Sulawesi tengah menjelaskan Hari Ikan Nasional kesembilan jadi momen kebangunan perikanan di wilayah di tempat.

“Kelautan dan perikanan sebagai salah satunya bidang favorit Parigi Moutong, selainnya pertanian. Karena itu momen ini kami tunjukkan jika kekuatan perikanan di wilayah ini benar-benar bermacam,” ungkapkan Sekretaris Wilayah Parigi Moutong Zulfinasran beberapa lalu.

Dia menerangkan, Parigi Moutong mempunyai garis pantai lebih kurang 472 km dan ada di daerah Teluk Tomini, yang mana warga manfaatkan laut sebagai mata pencarian, selainnya bertani.

Maka dari itu, kekuatan sumber daya kelautan kabupaten itu bisa memberi penghidupan untuk masyarakat di tempat dalam tingkatkan ketahanan ekonomi keluarga.

“Tipe Budi daya perikanan di Parigi Moutong bermacam, ada Budi daya ikan air asin ada juga ikan air tawar, terhitung udang vaname dan rumput laut yang mempunyai nilai export,” tutur Zulfinasran.

Pad peristiwa Harkanas kelak, ucapnya, beragam aktivitas dikerjakan salah satunya seminar mengenai kemaritiman, lomba mengolah ikan tingkat nasional, pameran produk buatan perikanan, penanaman manggrove di 88 titik pada pesisir pantai sekalian usaha pecahkan rekor muri, dan pasar rakyat. (rf)

Selain berita Agenda Acara Hari Ikan Nasional Parigi Moutong, baca juga: Harkanas Disebut Momentum Kebangkitan Perikanan di Parigi Moutong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *