697 Kepala Keluarga di Parigi Moutong Terima Program BSPS

waktu baca 2 menit
Rumah layak huni program bsps (Foto Ilustrasi Gambar)

Program bsps, berita parigi moutong, sulawesitoday – Sebanyak 697 Kepala Keluarga di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, masuk dalam program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

“Program bedah rumah ini merupakan upaya pemerintah untuk mempercepat pengurangan kemiskinan ekstrem di daerah-daerah,” ucap Hendra Bangsawan, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Parigi Moutong saat dihubungi dari Palu, Minggu 2 Oktober 2022.

Dia mengatakan, adanya bantuan stimulan tentunya akan berdampak positif terhadap kualitas perumahan warga miskin, sekaligus membantu Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mengambil langkah-langkah pengurangan kemiskinan.

BACA JUGA: Tahun 2023, India Resmi Gelar Balap MotoGP

Bahwa, 679 kepala keluarga yang terdaftar dalam program BSPS tersebar di 11 kecamatan dari 23 kecamatan di Parigi Moutong, bantuan yang jelas terlihat dari tingkat kerusakan tempat tinggal yang tergolong sedang dan berat menurut kriteria yang ditetapkan oleh Kementerian PUPR.

“Jumlah bantuan sebesar Rp 20 juta, antara lain Rp 17,5 juta untuk biaya material dan Rp 2,5 juta untuk upah pengrajin, dan kegiatan tenaga kerja dilakukan secara mandiri,” ucap Hendra.

Secara teknis, kata dia, rumah yang dibangun memiliki struktur yang kokoh dan memenuhi ketentuan keselamatan bangunan dengan memperhatikan berbagai aspek salah satunya kesehatan yaitu penerangan yang cukup dan pengawasan yang cukup sehingga penghuni dapat merasa nyaman.

Baca: Pole Sensasional Marco Bezzecchi di Kualifikasi MotoGP Thailand

Oleh karena itu, warga yang meneri bantuan diajak untuk mengoptimalkan penggunaan dana yang ada, sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

Ia menambahkan, selain program BSPS, Parigi Moutong juga mendapat bantuan dari program penanggulangan kemiskinan ekstrem dengan model ekonomi yang hampir sama.

Parigi Moutong menargetkan 762 keluarga di 23 desa di lima kecamatan dari kuota nasional 2.155 rumah sasaran dan bahwa program ini juga diselaraskan dengan program untuk mempercepat penurunan angka stunting di kabupaten itu, melalui intervensi untuk memperkuat aspek infrastruktur.

“Sesuai target Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Perumahan (BP2P) Sulawesi II, jumlah targetnya adalah 5.915 unit rumah untuk masyarakat miskin di Sulawesi Tengah, termasuk Parigi Moutong,” pungkas Hendra. (*/Ikh)

Selain baca Program bsps, baca juga: BNPT Gandeng Kementan Siapkan Lahan Pertanian Mantan Napiter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *