18 Parpol Daftar KPU, 13 Lengkap Berkas Dokumen

waktu baca 3 menit
18 Parpol Daftar KPU, 13 Lengkap Berkas Dokumen

18 Parpol daftar KPU, berita politik sulawesitoday – Sebanyak 18 Partai politik (Parpol) daftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), sebagai peserta pemilu, 13 diantaranya lengkap berkas dokumen.

“Dari keseluruhan 18 partai politik yang mendaftar, 13 partai politik kami pastikan komplet,” tutur Ketua Divisi Bidang Teknis KPU Idham Holik di Kantor KPU, Jakarta, Senin 8 Agustus 2022.

Ke-13 partai itu ialah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan dan Persatuan (PKP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Bulan Bintang (PBB). Lantas, Perindo, Partai Nasdem, dan Partai Kebangunan Nusantara (PKN).

Setelah itu Partai Garuda, Partai Demokrat, dan Partai Gelombang Rakyat (Gelora). Terkini ada Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerindra, dan Partai Kebangunan Bangsa (PKB).

Adapun dari 13 parpol itu, 10 salah satunya telah masuk tingkatan verifikasi administrasi. “Khusus yang ini hari baru besok akan mengadakan verifikasi administrasi,” tutur Idham.

Proses verifikasi administrasi sendiri akan berjalan sampai 11 September 2022. Sementara, pada 14 September, KPU akan umumkan partai politik mana yang bisa lolos dalam verifikasi administrasi ini.

Selain berita 18 Parpol Daftar KPU, baca juga: Agustus 2022, Pendaftaran Partai Politik Pemilu 2024

Partai Hanura Sudah Daftar ke KPU dan Siap Ikuti Tahapan Verifikasi

Parpol Hati Nurani Rakyat (Hanura) daftarkan diri ke KPU RI pada Senin 8 Agustus 2022. Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) akui partainya siap untuk ikuti tahapan selanjutnya yaitu verifikasi administrasi dan faktual.

“Hari ini Partai Hanura melakukan kewajiban konstitusional-nya untuk daftarkan diri sebagai peserta Pemilu 2024,” papar OSO, di Jakarta, Senin 8 Agustus 2022.

Secara internal menurutnya Partai Hanura sudah beberapa bulan menyiapkan diri untuk capai 100 % semua syarat yang bersifat administratif seperti diatur oleh PKPU. “Partai Hanura 100 % sudah siap untuk dilaksanakan klarifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum,” sebut ia.

OSO mengharap opsi Partai Hanura daftarkan diri pada 8 Agustus 2022 jadi hari baik untuk Hanura dan rakyat Indonesia. Ia mengatakan Partai Hanura ialah partai yang semenjak kelahirannya disiapkan untuk kebutuhan Indonesia, bukan untuk kebutuhan orang per-orang sebagai elite partai dan pengurusnya.

“Karena itu totalitas dedikasi dan perjuangan Partai Hanura seutuhnya kami beri untuk kebutuhan rakyat, untuk kesejahteraan rakyat. Kami pahami jika secara politik tiap partai dibangun untuk merampas kekuasaan, tetapi secara ideologis Partai Hanura memahami dan sadar jika kekuasaan bukan arah akhirnya parpol,” tegasnya.

Menurut OSO, kekuasaan sebenarnya ialah alat perjuangan politik untuk merealisasikan harapan paling tinggi rakyat, yakni, kenyamanan, keadilan dan kesejahteraan. OSO mengharap Pemilu 2024 jadi pemilu monumental, yakni pemilu yang menyenangkan, bukan pemilu mencekam.

“Pemilu sebagai gelaran beradu ide, bukan pemilu sama-sama jatuhkan, pemilu yang sama-sama memperkuat persatuan nasional, bukan pemilu yang mengadu domba dengan menebar kedengkian,” katanya. (rf/**)

Selain berita 18 Parpol Daftar KPU, baca juga: Silaturahim Lebaran Politik Prabowo ke Khofifah, Strategi 2024?

Leave a Reply

Your email address will not be published.