Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

1,6 Miliar Rupiah Dana Zakat 2021 Terkumpul di BAZNAS Parigi Moutong

waktu baca 2 menit
1,6 Miliar Rupiah Dana Zakat 2021 Terkumpul di BAZNAS Parigi Moutong

Berita parigi moutong, sulawesitoday.com – Badan Amil Zakat Nasional atau BAZNAS Parigi Moutong, Sulawesi tengah, menyebutkan dana di 2021 terkumpul sekitar Rp1,6 miliar.

“Dana yang terkumpul itu terbagi dalam dana sedekah dan infak 2021,” ungkapkan Ketua BAZNAS Parigi Moutong Mubin Abidin yang dijumpai di Parigi, Senin 13 Maret 2022.

Jumlah dana zakat itu melebihi sasaran diputuskan sekitar Rp1,2 miliar untuk tahun 2021.

Semenjak 5 tahun BAZNAS di Parigi Moutong tercipta katanya, sampai sekarang zakat masih dikuasai barisan aparat sipil negara (ASN).

“Kami benar-benar mengucapkan syukur dana terkumpul lebih dari sasaran. Pemda di tempat juga stabil pada pengendalian zakat, infak sedekah,” tutur Abidin.

Pemda (Pemda) Parigi Moutong tuangkan ketentuan terkait itu dalam ketentuan bupati (Perbub) nomor 38 tahun 2011 mengenai Pengendalian Zakat, Infak dan Sedekah.

BAZNAS terus berusaha tingkatkan pembelajaran dan publikasi ke warga atau faksi swasta berkaitan zakat, karena itu sebagai kewajiban yang tidak bisa dielakkan sebagai umat Islam.

Selain berita 1,6 Miliar Rupiah Dana Zakat 2021 Terkumpul di BAZNAS Parigi Moutong, baca juga: Delapan Ribu Warga Miskin Parigi Moutong Masuk Jamkesda

Seperti sudah ditata dalam syariat, itu harus dikeluarkan untuk orang sanggup sejumlah 2,5 % dari pendapatan.

“Ada banyak masyarakat lupa terkait itu. Makanya, publikasi dan pembelajaran masih dilihat perlu untuk dikerjakan, supaya umat lebih terbuka melakukan kewajiban itu,” sebut Abidin.

Seterusnya, zakat ialah sisi dari usaha interferensi dalam menolong pemerintahan buat pengentasan kemiskinan supaya manfaat umat diwujudkan sepenuhnya.

“Dana yang terkumpul akan dibalikkan ke warga kurang sanggup sebagai mana dalam syariat Islam,” ungkapkan

Dia menerangkan, faksinya sebagai badan pemerintahan nonstruktural memiliki sifat berdikari bertanggungjawab untuk mengurus dan penyalurannya, infak dan sedekah secara terbuka untuk kesejahteraan warga dari beragam faktor.

Penghimpunan dananya, pihaknya bekerja bersama dengan beberapa faksi buat menyamai pemahaman dan membuat loyalitas bersama untuk membayar lewat BAZNAS.

Berdasar catatan BAZNAS di tempat, kekuatan zakat Parigi Moutong diprediksikan bisa terkumpul lebih kurang Rp40 miliar /tahun jika kesadaran itu tumbuh di tengah-tengah umat.

“Tahun 2022, kami menargetkan penghimpunan infak dan sedekah di angka Rp,1,7 miliar. Kami mengharap warga lebih semangat melakukan kewajibannya supaya arah pengentasan kemiskinan bisa diwujudkan,” tutupnya. (**)

Selain berita 1,6 Miliar Rupiah Dana Zakat 2021 Terkumpul di BAZNAS Parigi Moutong, baca juga: Ramai Warga Tandatangani Petisi Batalkan Aturan JHT BPJS

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.