14 Kue Tradisional Khas Sulawesi Barat

waktu baca 8 menit
14 Kue Tradisional Khas Sulawesi Barat

Kue Tradisional Sulawesi Barat, ragam sulawesitoday Indonesia yang terkenal dengan kulinernya khususnya tradisional yang masih terjaga sampai saat ini hampir seluruh Daerah, salah satu yang bisa kamu rasakan yaitu kue khas di Sulawesi Barat yang harus Kamu datangi.

Tidak cuma siap menganakemaskan lidah, tetapi buat Kamu tidak dapat stop mengunyah. Tentu saja dapat sekali untuk yang ingin dibawa sebagai makanan oleh-oleh untuk keluarga.

Apa saja kue tradisonal yang hingga kini rasa dan bentuknya masih tetap sama simak di bawah ini;

  1. Roti Pawa

Bila disaksikan dari wujud dan penampilannya, kue ini kelihatan tidak berbeda jauh dengan kue bakpao asal Tionghoa. Namun kue tradisionil Sulawesi Barat ini mempunyai permukaan yang mengkilat karena dibuat dari tepung terigu dan tepung beras.

Struktur yang empuk dan halus jadikan kue ini benar-benar disukai warga di tempat. Ditambah dengan kedatangan kacang lembut yang digabung gula merah atau gula pasir dibalik daging kuenya.

Proses pembikinannya sendiri lumayan gampang, yaitu adonan diuleni selanjutnya dibuat bundar dan dikasih isian kacang lembut dan gula. Selanjutnya roti pawa dikukus hingga masak dengan dialasi daun pisang lebih dulu.

  1. Apang

Buat Kamu yang menyukai kue dengan cita-rasa super manis, kue apang khas Sulawesi Barat ini harus sekali buat Kamu coba. Rasa manis ini didapat dari gula aren yang cukup memimpin pada kue apang.

Sementara untuk bahan khusus ialah tepung beras. Struktur kue apang sendiri demikian halus dan empuk, tetapi bukan memakai pengembang kue tetapi memakai tuak manis pada adonannya.

Sesudah digabung dengan tuak manis adonan akan didiamkan sesaat sampai megar prima. Kemudian adonan dituangkan dalam cetakan daun pisang yang berwujud persegi, selanjutnya kue dikukus hingga masak prima dan merekah.

Tetapi untuk sekarang ini warga seringkali gantikan arak manis dengan baking powder sebagai pengembangnya. Nach sebagai pendamping, kue apang biasa dihidangkan dengan taburan parutan kelapa gampang . Maka rasanya manis bersatu dengan renyah.

  1. Paso

Dengan bahasa Mandar, paso ini berarti paku. Pemberian nama kue ini diambil karena wujud kue paso yang ujungnya lancip. Struktur halus dan rasa manisnya yang tidak begitu tajam jadikan kue ini benar-benar diunggulkan.

Kue paso sendiri dibuat dari tepung beras yang digabung santan dan gula aren cair. Beberapa bahan itu selanjutnya digabung dan didiamkan sesaat supaya megar. Seterusnya dimasukkan pada cetakan dari daun pisang.

Berlainan dengan cetakan kue apang, cetakan kue paso ini berwujud kerucut . Maka saat mengukusnya juga harus diatur yang rapi supaya adonan tidak tumpah. Sesudah adonan terlihat megar itu mengisyaratkan kue telah masak.

Sesudah masak, tuang santan kental di atas kue. Agar semakin renyah, santan dipertambah dengan sedikit garam. Sayang kue sedap ini cukup jarang-jarang ditemui di beberapa pasar tradisionil Sulbar.

  1. Bolu Paranggi

Masih dari tipe kue-kuean, bolu paranggi ini seperti kue mangkuk tetapi sama ukuran yang lebih kecil alias imut. Di bagian atasnya, kue ini terlihat merekah dan sisi bawahnya berwujud bundar.

Teksturnya yang demikian empuk dan halus mengisyaratkan bila bahan khusus bolu paranggi ialah tepung terigu. Tetapi tidak cuma empuk, struktur legit cukup memimpin rasa bolu paranggi.

Struktur legit inid menghasilkan dari tambahan gula aren yang digabung dengan terigu dan pengembang. Kemudian adonan akan ditempatkan ke cetakan yang dibuat dari alumunium dan diolah di atas bara.

Untuk penyuguhannya sendiri bolu paranggi biasa dihidangkan dengan parutan kelapa muda yang awalnya telah dikukus dengan garam.

  1. Kue Cucur

Siapa sich yang tidak mengenal makanan khas Sulawesi Barat satu ini? Ya kue cucur, salah satunya kue yang telah terkenal sampai di semua wilayah di Indonesia. Kue warna coklat ini mempunyai rasa manis dengan struktur cukup halus.

Namun karena proses pembikinannya dengan dimasak, kerap kali kue cucur mempunyai lemak yang lumayan banyak . Maka buat Kamu yang sedang diet, seharusnya tentukan kue cucur yang dimasak memakai minyak kelapa murni.

Kue yang banyak jadi menu makan pagi ini dibuat dari kombinasi tepung beras dan gula merah. Seterusnya adonan digabung sama air sampai 1/2 cair. Kemudian adonan dimasak dengan memakai sendok sayur berwujud bundar.

  1. Kue Kui-Kui

Disaksikan dari memiliki bentuk, kue kui-kui terlihat seperti pukis, namun ukuran lebih kecil dan panjang. Kui-kui atau yang lebih dekat disebutkan buroncong juga telah banyak menebar ke beragam wilayah di Indonesia dan bernama berlainan.

Tidak berbeda jauh dengan makanan khas Sulawesi yang lain, kue kui-kui dibuat dari adonan tepung beras yang digabung dengan gula merah. Namun ditambah lagi parutan kelapa muda.

Seterusnya adonan kue dituangkan dalam cetakan logam yang awalnya telah dibaluri dengan margarin. Nantikan cetakan sampai panas dan panggang kue di atas bara sampai sisi pinggirnya terlihat kering dan sisi tengahnya tidak benyek.

Kue tradisionil ini lebih banyak dipasarkan di beberapa pasar atau di pusat kulineran Sulawesi Barat.

  1. Tetu

Biasaya, kue berwujud segi panjang ini jadi salah takjil favorite saat bulan Ramadhan. Dengan alas daun pandan yang dibuat segi panjang, kue tetu tidak cuma mempunyai rasa yang sedap, namun beraroma wangi.

Material dasar kue tetu ialah tepung terigu selanjutnya digabung dengan santan encer dan dipertambah sedikit garam supaya rasanya lebih renyah. Kemudian adonan ditempatkan ke cetakan dan dikukus hingga masak.

Janganlah lupa, tuang adonan 1/2 cetakan saja karena kelak di bagian atasnya akan dituangkan santan kental yang telah digabung dengan garam. Struktur dari kue ini juga benar-benar halus, karena adonan kue dibikin encer.

  1. Bikang

Kue sedap yang lain jangan Kamu terlewat saat bertandang ke Sulawesi Barat ialah bikang. Bila di wilayah lain kue seperti ini disebutkan kue serabi, tetapi di Sumatera Barat disebutkan bikang.

Namun bikang khas Sulawesi Barat tidak persis sama dengan serabi Solo atau serabi Bandung. Karena bikang Sulbar ini teksturnya lebih kering dan legit. Memiliki bentuk juga seperti pizza yang terlihat merekah.

Kue bikang ini dibuat dari tepung beras yang selanjutnya digabung dengan santan. adonan kue seterusnya dituangkan di atas cetakan tanah liat berwujud bundar. Sesudah merekah selanjutnya adonan kue dikasih topping lelehan gula aren.

  1. Sambusa

Makanan khas Sulawesi Barat seterusnya yang harus Kamu coba ialah sambusa. Kue berwujud segitiga ini berlainan dengan kue-kue khas Sulawesi Barat yang lain mempunyai cita-rasa manis.

Yups sambusa sendiri dibikin dengan rasa renyah karena kue ini memakai daging ikan sebagai isinya. Daging ikan awalnya akan diolah dengan beberapa bahan lain dan bumbu khas Sulawesi Barat.

Seterusnya bahan isian akan dibuntel dengan kulit sambusa yang dibuat dari tepung terigu (seperti kulit lumpia) dan dibuat segitiga. Kemudian, kue sambusa dimasak dalam minyak panas sampai berwarna kecoklat-coklatan.

Kue sambusa ini ternikmat dikonsumsi saat hangat dengan sauce sambal atau cabe rawit fresh.

  1. Jepa

Seterusnya ada jepa, yaitu makanan khas dari suku Mandar. Wujud jepa sendiri bundar gepeng seperti sagon makanan khas Wonosobo. Sementara bahan intinya ialah sagu atau singkong.

Selanjutnya pada bagian tengahnya dikasih siraman gula aren yang telah disisir hingga menetes dan membuat rasanya lumer. Sebagai tambahan rasa, kue jepa dikasih kombinasi sedikit garam hingga rasanya prima di antara manis dan renyah.

Selain artikel 14 Kue Tradisional Sulawesi Barat, baca juga:

  1. Bau Plapi

Sesudah senang coba beragam tipe kue asal Sulawesi Barat, saat ini Kamu dapat coba makanan khusus dari wilayah ini. Sama dengan makanan khas Sulawesi Selatan yang dengan bahan baku dari ikan dan wilayah Sulawesi yang lain, dari Sulawesi Barat bahan khusus kulineran tradisionil ini ikan.

Daging ikan fresh diolah bersama kuah kuning yang diperkaya rempah khas Indonesia. Rasa renyah benar-benar memimpin lauk yang umum dikonsumsi bersama nasi putih hangat atau ketupat ini.

Buat Kamu yang menyukai pedas bisa juga pesan berbau plapi plus tambahan cabe atau melahapnya dengan sambal colo-colo. Kulineran sedap ini paling oke Kamu makan untuk menu makan siang atau makan malam.

  1. Lawar Kacci

Sepintas kemungkinan Kamu akan menduga makanan tradisionil ini terhitung makanan ekstrim karena dibuat dari kelelawar. Eit tetapi tidak boleh salah kira, karena lawar kecci ialah makanan yang dibuat dari mangga muda, bahkan juga dapat disebut gado-gadonya Sulbar.

Di tengah-tengah teriknya cahaya matahari, lawar kecci memang menjadi kulineran yang paling prima untuk temani Kamu menelusuri Sulawesi Barat. Potongan mangga muda yang digabung dengan sambal gula yang pedas, ditanggung akan membuat harimu semakin hebat.

Sambal mangga muda ini biasa dikonsumsi bersama ikan goreng atau ikan bakar dan tentu saja sepiring nasi putih hangat.

  1. Binte Biluhuta

Binte biluhuta atau sup jagungnya Sulawesi Barat. Makanan yang memakai jagung kuning sebagai bahan intinya ini mempunyai cita-rasa yang khas dan cukup unik lho.

Bagaimana tidak, jagung akan diolah bersama ikan atau udang dan bumbu khas Sulawesi Barat yang demikian renyah. Akhirnya, cita-rasa yang didapat yaitu kombinasi di antara renyah, asin, pedas sekalian manis dari biji jagungnya.

Binte biluhuta atau sup jagungnya Sulawesi Barat ini ternikmat dikonsumsi saat hangat baik dengan nasi atau tanpa nasi.

  1. Tumpi-Tumpi

Makanan khas Sulawesi Barat yang lain ialah tumpi-tumpi atau yang umum disebutkan dengan nuggetnya warga Sulawesi Barat. Tetapi bukan daging ayam atau sapi yang dipakai di sini, tetapi daging ikan.

Antiknya, daging ikan yang telah dilumatkan akan digabung dengan parutan kelapa dan bumbu khas Sulawesi. Seterusnya beberapa bahan itu dikukus dan disajikan dengan dimasak lebih dulu.

Tumpi-tumpi sendiri kerap disajikan pada beberapa acara tradisi warga Sulawesi Barat.

Percaya Kamu tidak ngiler tahu kulineran sedap di atas? Janganlah sampai dech saat Kamu bertandang ke Sulawesi Barat ada satu saja makanan uniknya yang terlewati. Ditanggung akan nyesel.

Walau mayoritas makanan khas Sulawesi Barat di atas terhitung tipe kue basah, tetapi Kamu bisa juga membawa sebagai oleh-olehan untuk sanak saudara.

Kalau belum cukup, maka Kamu bisa juga cari makanan khas Sulawesi Tengah yang telah banyak ditemui di Wilayah Sulawesi Barat. (WS)

Selain artikel 14 Kue Tradisional Sulawesi Barat, baca juga: Ini 10 Resep Kue Basah Praktis untuk Dijual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *